Free Writing : Remaja dan Media Sosial



 

Remaja dan Media Sosial

    
    Kemajuan teknologi dan informasi saat ini berkembang begitu pesat dan sangat berguna bagi kehidupan manusia, hal inilah yang dimanfaatkan para remaja sekarang ini untuk bisa mengakses informasi dan berinteraksi dengan orang banyak. Seperti yang kita semua ketahui saat ini, di Indonesia hampir seluruh remaja sudah menggunakan smartphone. Salah satu alasan terbesar mereka memliki smartphone ialah agar dapat dengan mudah mengakses sosial media. Kebanyakan remaja di Indonesia lebih senang mengakses situs jejaring media sosial untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Banyaknya publik figur, orang penting bahkan pejabat negara yang memanfaatkan jejaring sosial membuat para remaja juga ikutan menggunakan berbagai jenis jejaring sosial.


    Semestinya kemajuan teknologi seperi ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sayangnya untuk negara seperti Indonesia sendiri, masih banyak terjadi tindak kriminal di dunia maya atau biasa disebut dengan cyber crime. Mulai dari maraknya pemberitaan yang tidak benar atau hoax di media sosial, penyebaran isu/sara sampai kasus penipuan yang sangat marak terjadi. Banyaknya remaja yang mengakses media sosial menjadi alasan kuat mengapa banyak terdapat kasus cyber crime.
 
    Harusnya sosial media bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para remaja, mereka mestinya menggunakan teknologi ini dengan bijak, Kemudahan untuk mengakses informasi dan berinteraksi dengan benyak orang harusnya diimbangi dengan pemikiran yang dewasa agar kita tidak dengan mudah bisa percaya kepada pemberitaan ataupun orang yang belum kita kenal sebelumnya.

No comments

Powered by Blogger.