Berbagai Sumber yang dapat Mempermudah Penyusunan Skripsi


    Skripsi merupakan karya tulis ilmiah dari hasil penelitian mahasiswa S1 (strata satu) yang membahas sebuah fenomena tertentu sesuai kaidah atau aturan yang berlaku. Ada dua metode penelitian dalam penulisan skripsi, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan skripsi kualitatif dan kuantitatif terdapat pada data yang digunakan dan cara menganalisanya. Keduanya bisa digunakan untuk skripsi jurusan apapun.

    Skripsi kuantitatif menggunakan survei atau kuesioner yang disebar ke subjek penelitian sebagai metode penelitiannya. Setelah data selesai dikumpulkan, perhitungan matematika dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan. Umumnya, skripsi kuantitatif juga menggunakan software dalam mengolah data, contohnya SPSS.  

    Skripsi kualitatif menggunakan metode wawancara atau observasi secara mendalam ke subjek penelitiannya. Karena penelitian skripsi kualitatif tidak menggunakan perhitungan matematika, biasanya, proses pengumpulan datanya memerlukan waktu lama demi hasil analisa yang akurat.

    Untuk lebih tahu mengenai skripsi dan dasar-dasar penyusunan skripsi, kalian bisa mempelajari hal tersebut dari beberapa channel dibawah ini:

1. Chodidjah Makarim



2. Andri Wisnu 33



3. Tirta Mutsimana




Berikut juga beberapa sumber yang dapat membantu dalam penyusunan skripsi kalian :

    1. Tutorial Menulis Penomoran Skripsi

            https://www.youtube.com/watch?v=vhp856CYTc0

    2. Tutorial Menulis Daftar Isi Skripsi

            https://www.youtube.com/watch?v=KCp1FBjDhpI&t=53s

    3. Tutorial Menulis Daftar Pustaka dengan Mendeley

            https://www.youtube.com/watch?v=sJbtHAfGmYE

    NB: Untuk setiap tutorial penulisan skripsi harus disesuaikan kembali dengan pedoman penulisan skripsi masing-masing Instansi.

Penggunaan Aplikasi SPSS

    Dalam mengerjakan skripsi, khususnya untuk penelitan kuntitatif. Peneliti dapat menggunakan aplikasi SPSS yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, SPSS sangat populer di kalangan peneliti dan statistikawan untuk membantu melakukan perhitungan terkait analisis data. SPSS menyediakan library untuk perhitungan statistika dengan antarmuka interaktif yang menjadikannya sebagai software analisis data tingkat lanjut paling populer di berbagai universitas, instansi, dan perusahaan.

    Berikut beberapa sumber dari youtube channel yang bisa kalian tonton agar lebih memahami mengenai Aplikasi SPSS serta cara pengoperasian aplikasi tersebut:

1. Akhmad Rozali





2. Andri Wisnu 33



Beberapa website yang dapat kalian akses untuk mencari bahan jurnal pendukung

       https://www.pdfdrive.com/

       https://perpustakaan.unm.ac.id/

       https://scholar.google.co.id/schhp?hl=id

No comments

Powered by Blogger.