Pertanyaan Bisnis : Tantangan Bisnis Masa Kini

 

1. Tantanagan apa saja yang dihadapi dalam dunia bisnis saat ini terkait dengan perubahan lingkungan dan kerisis ekonomi global?


    1. Kenaikan harga
Harga bahan baku yang berasal dari industri manufaktur akan mengalami kenaikan dan dapat menyulitkan sektor property dan industry

    2. Masuknya Pendatang/Pesaing Baru
Ancaman adanya pendatang baru dapat membahayakan perusahaan-perusahaan yang telah ada, karena akan adanya tambahan kapasitas produksi, dimana kapasitas tambahan ini akan menekan agar biaya bagi pembeli rendah, yang nantinya dapat mengakibatkan turunnya penjualan dan laba bagi perusahaan yang ada dalam industri tersebut.

    3. Ancaman produk pengganti.
Ancaman terbesar ialah munculnya produk baru yang dapat menggantikan produk yang telah ada dipasaran, biasanya produk pengganti ini memiliki harga yang lebih murah dan mutu serta kemampuan kinerja produk pengganti tersebut dapat melebihi dari produk sebelumnya.

    4. Persaingan kompetitif di antara anggota industri
Perusahaan bersaing secara aktif satu dengan lainnya untuk mencapai daya saing strategis dan laba yang tinggi. Pencapaian hal-hal tersebut, menuntut keberhasilan yang relatif terhadap para pesaing, dengan demikian persaingan yang terjadi antara perusahaan-perusahaan tersebut distimulasi pada  saat satu  atau lebih perusahaan merasakan tekanan persaingan atau apabila mereka mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan posisi pasar mereka. Karena perusahaan-perusahaan dalam industri bergantung satu sama lain, tindakan satu perusahaan seringkali mengundang reaksi dari pesaingnya.

2. Apa saja yang perlu dilakukan sebuah organisasi bisnis saat ini agar memiliki daya saing yang tinggi?


    1. Branding atau membangun merek
Merek akan memberikan nilai tambah yang tinggi bagi produk yang dihasilkan. Contohnya adalah perbedaan antara produk gadeget iphone dan lainnya. Walaupun ada banyak macam gadget seperti yang diproduksi iphone namun produk dengan merek iphone tetap laku terjual dengan harga yang relatif lebih mahal. Ini karena, iphone telah memiliki merek yang kuat dan dikenali oleh masyarakat dunia.

    2. Mengenal atau mengetahui kelemahan dan kelebihan para pesaing
Dengan mengenal para pesaing anda dapat mengetahui seberapa besar potensi anda dalam memenangkan persaingan pasar, serta memanfaatkan kelemahan pesaing untuk mengangkat kelebihan produk Anda.

    3. Mempertahankan kekuatan produk
Mempertahankan kekuatan produk dapat menjaga loyalitas para konsumen. Apabila produk anda sudah disukai konsumen, maka peluang konsumen untuk memilih produk lain bisa jadi sangatlah kecil.

    4. Berani mengambil tantangan
Beranilah dalam mengambil tantangan besar untuk meningkatkan daya saing bisnis. Anda bisa saja menawarkan inovasi-inovasi baru yang belum pernah dilihat konsumen anda. Misalkan seperti memproduksi barang atau jasa unik yang belum ada di pasaran, atau bisa juga mengadakan event promosi besar-besaran dengan melibatkan para konsumen.

No comments

Powered by Blogger.