Komunikasi Bisnis : Komunikasi Antarpribadi

Contoh komunikasi  antarpribadi dalam Konteks Budaya

    Dalam kasus kali ini akan menjelaskan mengenai komunikasi dalam konteks budaya bercerita tentang latar belakang sebagai seorang dari suku bugis yang menetap di Makassar. Pernah tanpa sengaja saya bertemu dengan teman akrab saya yang sudah lama tidak bertemu, ia merupakan orang yang berasal dari Makassar. Seperti biasanya hal pertama yang ia tanyakan adalah kabar namun ia bertanya dalam bahasa daerah, “ee boss, apa kareba?’ lantas saya dengan santai menjawab “kareba madeceng, megello muaki e?” setelah mendengar jawaban saya, dia tak langsung melanjutkan perbincangan ada sedikit jeda kemudian ia kembali bertanaya “baji-baji jeko”. Setelah mendengar pertanyaan itu saya baru sadar bahwa jawaban pertama saya itu saya jawab dalam bahasa bugis padahal pertanyaan yang ia lontarkan bermaksud berbincang dalam bahasa Makassar.

    Kalimat sapaan “apa kareba?’ sudah menjadi sapaan yang paling sering digunakan di sulawesi selatan, saya sendiri tidak yakin sapaan ini bermula dari budaya mana namun yang jelas masyarakat bugis dan masyarakat makassar mengartikan kalimat apa kareba sabagai sapaan apa kabar.

    Komunikasi yang terjadi dari pengalam saya merupakan sebuah contoh komunikasi dalam konteks budaya, yang dalam hal ini merupakan komunikasi dalam bentuk verbal yang terjadi antar 2 budaya yang berbeda. Dalam kasus ini teman saya bertindak sebagai  pengirim dengan memberikan pertanyaan mengenai kabar saya secara lisan yang bertujuan untuk mendapatkan kabar dari saya, sedangkan saya sebagai penerima yang membalas pesan dari teman saya dengan menjelaskan kabar terbaru saya

    Dalam kasus ini sebenarnya terjadi miscomunication dimana respon yang saya berikan sebagai balasan dari pertanyaan yang teman saya lontarkan tidak dapat ia artikan dan mengerti maksudnya atau dengan kata lain tidak sesuai dengan yang ia harapkan. Namun, dengan adanya respon yang saya berikan sebagai balasan dari pertanyaan yang teman saya lontarkan telah memenuhi syarat komunikasi sehingga sudah dapat dikatakan bentuk komunikasi

    Ada banyak bentuk komunikasi di dunia, contoh diatas merupakan salah satu contoh dari komunikasi dalam konteks komunikasi dalam budaya. Dalam dunia bisnis, komunikasi merupakan suatu hal yang penting dan vital bagi organisasi bisnis. Mulai dari sekedar memasarkan produk hingga membuat perjanjian bisnis ataupun negoisasi membutuhkan teknik komunikasi yang sangat baik.

No comments

Powered by Blogger.