Manajemen SDM : Pandangan Tentang Bidang MSDM yang Keliru



Pandangan tentang bidang MSDM yang keliru


    Banyak dari kita yang masih keliru atau salah menilai tentang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang di bidang manajemen SDM dalam suatu perusahaan. Kebanyakan dari kita bahkan memandang enteng ataupun memandang sebelah mata pekerjaan mereka, namun sebenarnya bidang manajemen SDM juga merupakan salah satu bidan yang vital dalam suatu perusahaan. berikut beberapa pandangan-pandangan yang keliru tentang bidang manajemen SDM

1. Orang bekerja di bidang SDM karena mereka suka bergaul dengan orang-orang dan memiliki kepribadian yang supel dan mudah akrab dengan orang baru

Fakta :
  • Bagian SDM tidak dibuat untuk memberikan terapi kebahagiaan kepada orang lain. Para professional di bidang SDM harus membuat karyawan menjadi lebih kompetitif, bukannya menjadi nyaman.

2. Semua orang bisa melakukan perkerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan di bidang manajemen SDM
Fakta :

  • Kegiatan di bidang SDM berdasarkan teori dan penelitian. Profesional SDM harus menguasai teori dan prakteknya.

3. Bagian manajemen SDM bekerja untuk perusahaan tapi tidak menghasilkan keuntungan/profit kepada perusahaan, karena itu bagian ini tidak penting.
Fakta :

  • Dampak kegiatan Bagian SDM terhadap profit organisasi dapat dan harus diukur. Profesional bidang SDM harus dapat menerjemahkan kegiatannya menjadi kinerja finansial.


4.Bagian manajemen SDM menggunakan banyak anggaran dalam melaksanakan tugasnya, maka dari itu harus selalu dibatasi.
Fakta :
  • Kegiatan di bidang SDM harus menciptakan nilai dengan meningkatkan intelektualitas kapitalnya, praktisi SDM harusnya menambah nilai organisasi, bukan mengurangi biaya

5. Bagian manajemen SDM bekerja selayaknya seperti ‘polisi peraturan’ dan ‘patroli kesehatan’ dalam perusahaan
Fakta :

  • Fungsi Bagian SDM tidak memiliki bawahan. Profesional di bidang SDM tidak bertugas membuat karyawan bahagia melainkan berkomitmen pada pekerjaannya.

6. Bagian manajemen SDM diisi oleh orang-orang yang memliki keperibadian yang baik serta ceria
Fakta :
  • Nyatanya hal ini tidak selamanya harus benar. Profesional bidang SDM harus menjadi orang yang konfrontatif dan menantang, sekaligus mendukung.

7. Dibandingkan dengan bidang lain yang ada di organisasi bisnis atau perusahaan, maka bidang manajemem SDM tidak memiliki peranan yang terlalu penting dalam jalannya perusahaan
Fakta :
  • Pekerjaan di bidang SDM sama pentingnya dengan bidang keuangan, strategi, dan area lain perusahaan. Bagian SDM sebaiknya berpadu dengan manajer lini untuk mengatasi masalah-masalah SDM.

No comments

Powered by Blogger.