Lebih Kenal Dengan Lembaga Keuangan Perbankan


    Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki peran dalam perekonomian negara termasuk Indonesia. Peran bank adalah suatu lembaga yang menjadi perantara keuangan antara pihak-pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak-pihak yang memerlukan dana. Bank akan menghimpun dana masyarakat dalam bentuk tabungan, giro dan deposito, dana tersebut akan disalurkan dalam bentuk kredit kepada masyarakat melalui Penyaluran Kredit Usaha kepada dunia usaha serta Penyaluran Kredit Konsumer untuk mendorong peningkatan permintaan masyarakat atas produk dan jasa dari dunia usaha.

    Selain menjalankan aktivitas penghimpunan dana dan penyaluran dana, bank juga melaksanakan kegiatan pelayanan jasa perbankan kepada masyarakat seperti jasa pengiriman uang, jasa pemb penampungan pembayaran tagihan, jasa pembayaran dan lain-lain. Seluruh aktivitas bank tersebut akan memberikan pendapatan bagi kelangsungan operasional usaha perbankan itu sendiri, sumber pendapatan terbesar bank secara umum berupa selisih dari bunga bersih antara bunga kredit dengan biaya bunga dana pihak ketiga, sedangkan pendapatan lainnya berasal dari biaya dari jasa-jasa yang diberikan oleh pihak bank.

    Saat ini, bank-bank saling bersaing dalam meberikan layanan-layanan perbankan digital yang semakin bervariasi untuk dapat menarik nasabah lebih banyak. Berbagai layanan perbankan terus berkembang dengan didukung oleh kemajuan teknologi, layanan perbankan digital merupakan era lanjutan dari era Perbankan Elektronik atau lebih dikenal dengan E-banking. Pada masa ini  masyarakat sudah diberikan kemudahan dalam bertransaksi dengan menggunakan berbagai macam saluran, nasabah bisa melakukan transaksi perbankan seperti menyetor uang, menarik uang, transfer ke nasabah lain, membayar tagihan, membeli tiket pesawat, membayar asuransi dan lain-lain menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM yang sudah tersebar di mana-mana. Nasabah juga bisa melakukan transaksi melalui jutaan mesin EDC yang tersebar di pertokoan ritel, bahkan transaksi juga dapat melalui telepon seluler masing-masing yang dikenal sebagai mobile banking dan bisa juga melalui jaringan internet di komputer melalui internet banking.

    Perkembangan layanan perbankan digital dipicu oleh perkembangan bisnis daring, kemajuan di bisnis daring telah mengubah ekspektasi masyarakan atas layanan perbankan. Era layanan perbankan digital membuat layanan bank semakin canggih karena saat ini masyarakat dapat membuka rekening melalui berbagai aplikasi mobile di smartphone masing-masing. Teknik verifikasi melalui biometrik, kemudahan akses dengan Dukcapil secara online telah memungkinkan pembukaan rekening bisa dilakukan tanpa harus ke kantor cabang bank. Layanan perbankan digital memang memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi keuangan, namun kemajuan ini juga tidak luput dari risiko yang harus disadari oleh masyarakat. banyak pelaku kejahatan yang mencari celah untuk membobol rekening nasabah dengan modus operasi yang lebih canggih.

    Era layanan perbankan digital akan terus berkembang dan tidak terbayangkan kemajuan yang akan terjadi di masa mendatang, namun kita yakin akan perkembangan yang akan sangat cepat. Masyarakat perlu diedukasi tentang layanan perbankan digital, kita tidak perlu menghindar dari kemajuan teknologi. Namun pastikan bahwa kita juga tidak menjadi korban kemajuan teknologi.

No comments

Powered by Blogger.