Pengalaman Mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat PMMB




Apa Itu Program Magang Mahasiswa Bersertifikat?   

   
    Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) ini adalah program milik FHCI yang memiliki komitmen untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk siap bersaing di pasar global. Program Magang Mahasiswa Bersertifikat melibatkan Badan Usaha Milik Negara sebagai tempat magang bagi mahasiswa di Indonesia. Peserta magang akan menempati posisi tertentu di BUMN sesuai dengan bidang yang dibutuhkan perusahaan.

    Program PMMB merupakan implementasi bagi pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui Program Pemagangan di BUMN untuk menciptakan SDM Unggul, serta dengan dilaksanakannya program ini diharapankan akan tercipta link & match kurikulum pendidikan di PTN/S dapat selaras dengan kebutuhan kompetensi di BUMN. Program ini diharapkan dapat meningkatkan ‘link and match’ antara Perguruan Tinggi sebagai pencetak sumber daya manusia berkualitas dengan perusahaan atau industri sebagai pengguna lulusan perguruan tinggi.

    Program Magang Bersertifikat dilaksanakan dengan maksud sebagai program untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam persiapan mahasiswa masuk ke dunia kerja terutama dalam menghadapi persaingan global dengan berbekal sertifikat kompetensi. Bagi perguruan tinggi, kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk kalibrasi link and match antara kurikulum yang diajarkan di universitas dengan yang dibutuhkan oleh industri. Bagi perusahaan, program ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber perekrutan karyawan sesuai kebutuhan.

Pengalaman Mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat


    Universitas Negeri Makassar menjalin kerjasa sama dengan Perusahaan Umum (Perum) Bulog dalam melaksanakan Program magang mahasiswa bersertifikat, pada batch pertama tahun 2019. Sebagai salah satu dari tiga mahasiswa yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan program magang  dan ditempatkan di kantor Perum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo, Kami bertiga memulai kegiatan ini dengan berangkat ke kota manado sehari sebelum tanggal perjanjian dilaksanakan untuk dapat mempersiapkan keperluan kami disana termasuk tempat tinggal. Kegiatan magang di kantor dimulai pada tanggal 1 februari 2019 dan kami ditugaskan di Bidang Komersial & Pengembangan Bisnis Perum Bulog Divre Sulut & Gorontalo, masing-masing dari kami diberi mentor yang berbeda-beda yang nantinya akan mengawasi dan memberi tugas kepada kami selama program magang ini berlangsung.

    Program magang ini dilakukan selama enam bulan dengan waktu kerja delapan jam sehari dan dalam lima hari kerja selama satu minggu. Kegiatan utama yang ada di bidang komersial dan pengembangan bisnis meliputi, melakukan penjualan langsung produk bulog ke konsumen, melakukan penjualan untuk ritel modern, hotel, rumah makan serta restoran, melakukan sosialisasi produk bulog ke masyarakat, mensosialisasikan produk bulog ke masyarakat, melakukan sosialisasi mengenai program pemerintah yang juga dijalankan oleh perum bulog, menawarkan program rumah pangan kita kepada warung-warung di masyarakat

    Untuk kegiatan yang akan dilaksanakan selama program pemagangan, disusun dalam sebuah Workplan atau rencana kerja. Workplan ini bersitat fleksibel dan dibuat agar dapat dilakukan penyesuaian–penyesuaian kerja selama menjalankan program pemagangan ini, maka dari itu workplan dibuat oleh mentor agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Walaupun dalam pelaksanaanya, kegiatan yang dilakukan tak hanya sebatas berpatokan dengan rencana kerja namun juga melakukan kegiatan-kegiatan operational harian yang biasa dilakukan di Bidang Komersial & Pengembangan Bisnis seperti mengikuti event bazar atau pasar murah yang dilaksanakan perusahaan yang bekerjasama dengan berbagai pihak.

    Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tugas pokok yaitu untuk melaksanakan stabilisasi harga sekaligus juga sebagai sarana promosi produk pangan yang dimilki oleh Perum Bulog. Pada bidang Kombersial selain melaksanakan tugasnya untuk memasarkan dan menjual langsung produk, juga melakukan berbagai kegiatan administrasi di kantor seperti merekap jumlah penjualan, melaporkan serta menyetor pendapatan hasil penjualan, mengecek dan melaporkan stok fisik DC/Gudang.

    Perum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo selain memiliki 11 kompleks gudang yang tersebar di seluruh wilayah kerja juga memiliki beberapa aset seperti tanah dan bangunan, aset ini kemudian diberdayagunakan oleh Unit Bisnis Optimalisasi Aset yang dibawahi di bidang komersil. Aset-aset ini di sewakan ke berbagai pihak oleh UB Opaset sebagai bagian dari jaringan bisnis Perum Bulog. Perum Bulog di Divre Sulut dan Gorontalo saat ini juga sedang merancang merek produk pangan kita yang khusus menjual beras dari daerah Sulawesi Utara, hal ini dimaksudkan agar jenis beras dari daerah sulawesi utara dapat lebih banyak diserap dan dipasarkan

    Program Magang Mahasiswa ini tak hanya memberikan pengalaman-pengalaman baru namun juga memberikan pengetahuan baru bagi kami dalam industri pangan, selama pelaksanaan kegiatan magang ini berlangsung ada banyak kegiatan serta pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah kami lakukan, hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam menjalani kegiatan magang. Namun dengan begitu kami belajar banyak untuk beradaptasi dengan lingkungan baru serta bagaimana bereaksi dengan tantangan-tantagan baru, dari kegiatan magang ini juga didapatkan gambaran mengenai apa yang perlu kami pelajari dan siapkan untuk memasuki dunia kerja.

No comments

Powered by Blogger.